/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://ani.cursors-4u.net/others/oth-9/oth845.cur), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */

Kamis, 08 September 2016

KABUPATEN LUWU PROVINSI SULAWESI SELATAN MELAKUKAN STUDI BANDING TENTANG PENGEMBANGAN KAWASAN AGROPOLITAN KE KABUPATEN PROBOLINGGO



Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan mempunyai kontur  geografis yang hampir sama dengan kondisi geogrfis Kabupaten Probolinggo, ada daerah pegunungan, dataran dan daerah pesisir  Demikian disampaikan oleh Sofyan Thamrin, ST, MM, mengawali sambutannya selaku pimpinan rombongan Kabupaten Luwu dalam acara penerimaan kunjungan studi banding Pengembangan Kawasan Agropolitan di Ruang Pertemuan Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo pada tanggal 24 Agustus 2016. Karena itu tidak salah jika kami, dari Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan ingin belajar bari Kabupaten Probolinggo yang sudah lebih dulu menetapkan Kawasan Agropolitan, dan hasil dari kunjungan ini akan kami terapkan di Kabupaten Luwu, demikian paparnya. Rombongan yang kami bawa dari Kabupaten Luwu terdiri dari perwakilan SKPD terkait, BAPPEDA, Dinas Perumahan, Cipta Karya dan Tata Ruang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Dinas Pertanian. Selanjutnya ia menambahkan, tujuan kami melakukan studi banding adalah dalam rangka mempelajari strategi pengembangan kawasan agropolitan di Kabupaten Probolinggo, sekaligus untuk mendapatkan informasi terkait dengan  :

1.      Dukumen Rencana Pengembangan Kawasan Agropolitan Kabupaten Probolinggo
2.   Model Pengelolaan, Pembiayaan dan kelembagaan Pengembangan Kawasan Agropolitan Kabupaten Probolinggo

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Probolinggo, Ir. Dewi Korina, MMA, dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan ucapan terima kasih atas kepercayaannya sehingga Kabupaten Probolinggo menjadi tujuan studi banding. Memang Kabupaten Probolinggo telah ditetapkan sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur sebagai lokasi pengembangan kawasan agropolitan melalui surat penetapan Gubernur Jawa Timur nomor 520/128/201.2/2009.

Agenda kunjungan studi banding, pertama, Pertemuan dengan Pokja Pengembangan Kawasan Agropolitan Kabupaten Probolinggo. Dari Kabupaten Probolinggo, hadir dalam pertemuan tersebut, perwakilan dari Dinas Pertanian, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Dinas Koperasi UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perkebunan dan Kehutanan, Badan Ketahanan Pangan, Tenaga Pendamping Agropolitan dan pejabat serta staf BAPPEDA Kabupaten Probolinggo.



Pose bersama di depan Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo



Disamping pertemuan dengan Pokja, agenda berikutnya adalah melakukan kunjungan lapangan ke Lokasi Pengembangan Kawasan Agropolitan Wilayah Barat, dengan sasaran, Sentra Perdagangan (Pasar) Bawang Merah Dringu, Kelompok Pengrajin Olahan Mangga di Desa Banjarsari Kecamatan Tongas, Sentra Budidaya Strawbery, sekaligus wisata petik buah strawbery serta Kawasan Pariwisata Bromo di Kecamatan Sukapura.
 


Pertemuan dengan Pokja Pengembangan Kawasan Agropolitan Kabupaten Probolinggo



Serah terima plakat lambang daerah
 



Kunjungan ke sentra perdagangan bawang merah di Kecamatan Dringu




Pengembangan Kawasan Agropolitan Kabupaten Probolinggo Wilayah Barat






Sentra Budidaya Strawbery di Desa Jetak Kecamatan Sukapura


Sasaran terakhir kunjungan ke Kawasan Pariwisata Bromo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar